Sampingan

PLN Ganti Nama …

PLN Ganti Nama Jadi LSM

 

 di facebook, pln dirayakan sebagai perusahaan lilin negara

di facebook, pln dirayakan sebagai perusahaan lilin negara

PLN itu singkatan dari Perusahaan Listrik Negara. Merujuk ke arti perusahaan dalam literatur bisnis dan ekonomi, perusahaan didefinisikan sebagai suatu unit kegiatan produksi yang mengelola sumber-sumber ekonomi menjadi barang dan jasa untuk memperoleh keuntungan. Dari definisi ini kemudian ditemukan unsur-unsur penting dalam sebuah perusahaan. Yaitu adanya modal dana, organisasi, sumber daya manusia dan terakhir keuntungan.

Tanpa adanya dana, mustahil sebuah organisasi terbentuk. Tanpa adanya manusia, mustahil organisasi bisa jalan. Dan tanpa adanya organisasi, mustahil orang dan dana bisa bekerja. Lalu tanpa adanya keuntungan, mustahil orang dan dana ini mau berkumpul dalam sebuah organisasi.

Lalu bagaimana dengan PLN?

PLN punya keempat unsur di atas. Perusahaan penghasil setrum ini punya dana, punya SDM dan punya organisasi besar yang berstruktur dari tingkat pusat hingga tingkat daerah, di seluruh Indonesia. Sebagai sebuah perusahaan negara yang memonopoli pasokan listrik, jelas perusahaan ini tidak punya kesulitan sama sekali dalam memasarkan produknya. Hampir seluruh rakyat negeri ini menjadi pelanggan setia PLN.

Artinya setia menggunakan listrik buatan PLN, meski belum semuanya setia membayar tagihan listrik. Saking tingginya brand loyalty yang dimiliki PLN, tidak ada satu pihak pun yang mencoba menduplikasi produk PLN. Artinya semua listrik dijamin keasliannya. bukan barang palsu, bukan pula buatan Cina.

Lalu mengapa performa perusahaan ini selalu merah? Mengapa PLN tidak pernah meneguk keuntungan? Dan mengapa setiap tahun perusahaan ini selalu mengeluh rugi dan kekurangan modal?

Pertanyaan ini sangat penting untuk diajukan oleh setiap kepala yang hidup di Indonesia yang semuanya adalah pelanggan dan pengguna produk PLN. Apalagi saat ini PLN lebih rajin melakukan program pemadaman listrik daripada menggelar promo diskon atau program undian berhadiah BlackBerry (misalnya untuk pelanggan yang membayar tagihan di atas tanggal 10).

Sekalipun saat ini program Pemadaman Listrik Bergilir sudah diganti menjadi program Penyalaan Listrik Bergilir, pertanyaan-pertanyaan tersebut tetap relevan untuk segera dijawab oleh petinggi PLN.

Kalau mereka yang pintar-pintar dan dipercaya menjalankan perusahaan PLN tidak mampu menjawabnya, atau malah melemparkan jawabannya ke bos mereka yang sama sekali tidak mengerti ilmu kelistrikan dan hanya tahu bagaimana cara memenangi pemilu, maka sebaiknya nama PLN diganti saja.

Jangan lagi pakai nama perusahaan, tapi diganti menjadi Lembaga Setrum Mandiri alias LSM. Karena kalau tidak berbentuk perusahaan, PLN tidak lagi dituntut untuk mendapatkan untung. LSM juga tidak punya pelanggan dan tidak terkait dengan urusan bisnis. Malah LSM bisa bebas menjadi dana bantuan ke masyarakat atau ke pihak asing lain.

Nah, kalau sudah ganti nama, baru para petinggi yang mengurusi listrik negeri ini bisa bilang, “Listrik mati mulu? Namanya juga LSM, Bung…”

Tinggalkan komentar