Sampingan

PERAWATAN SUPER…

PERAWATAN SUPER KIPS KAWASAKI NINJA 150R/RR

Kita ketahui sekarang ini semakin banyak saja pemakai motor yang satu ini (KR 150R/RR) walaupun mesin 2 Tak yang katanya boros (padahal sebetulnya itu salah hehehehe…) satu-satunya masih bertahan utk kelas minyak campur (Yamaha RX King, Suzuki Satria Agresif, Yamaha F1ZR telah menurunkan bendera ),dan tetap bisa bersaing dipasaran walaupun banyak motor sekelas 150cc yang di keluarkan oleh produk Yamaha,Suzuki dan Honda. Kenapa tidak..siapa yang mampu meredam kecepatan si jago dari Kawasaki 150R/RR (masih standart) belum lagi di korek.

Untuk ninja 150R dengan kode block 1855 yang sudah memiliki Super KIPS (Kawasaki Integrated Power valve System) membuat performa Kawasaki Ninja 150 semakin baik di putaran atas.

ninja150rr_superkips

Dengan memanipulasi saluran buang, pada putaran di atas 6.000 rpm tarikan akan semakin kuencaanngg.

Kerja katup ini seolah memberikan saluran buang tambahan, yang membuat kompresi menurun pada putaran tinggi. Turunnya kompresi ini, memungkinkan piston mampu bergerak lebih cepat mencapai putaran tertinggi, efeknya tenaga optimal pun bisa tercapai.

Selain itu, terjadinya ledakan dini atau predetonating  pada ruang bakar pun bisa dicegah, serta komponen mesin jadi lebih awet. Sungguh luar biasa fungsi peranti ini di mesin dua langkah Ninja 150. Tetapi, semua hal tadi akan terasa percuma, jika KIPS kotor dan tak bisa bekerja dengan sempurna.

Nah disini saya akan coba bantu para Ninjers sejati untuk melakukan perawatan sendiri pada motor kesayangan anda..

Macetnya SKIPS bs terjadi di 2 hal:
1.  Macet di RPM bawah. Dg kata lain katup SKIPS ga mau kebuka. Klo udh gini ninin ga bakal mau lari… larinya ketahan di RPM sktr 7.000.
2.  Macet di RPM atas. Klo yg ini kejadian klo abis ngebut, katup SKIPS ga mau nutup lagi. Efeknya kebalikan yg diatas. Di RPM bawah ninin akan loyo… udh gitu suara knalpot jadi aneh… gede banget…
Tp yg jelas, mau macet di RPM atas kek atau bawah kek, pokoknya klo macet ya nyebelin…

Sblm aq ngebahas ttg bgmn cara perawatan dan penanganan SKIPS macet, ada bbrp tips yg bs dilakukan sblm kita bongkar SKIPSnya (inipun juga sudah sering dibahas , tp gpp cuma sekedar pengingat aja):
1.  Pake oli samping minimal JASO FC & semi sintetik.
2.  Sering geber sampe RPM >7.000, baik saat manasin maupun saat udh jln.
      Kalo aq sendiri sih ga prnh geber2 gas pas manasin mesin. Bukan apa2. Takut ditimpuk tetangga… Aq manasin mesin 2-3 menit aja tanpa digeber2, abis itu jalan pelan2 keluar komplek (ini juga blm ngebut… takut diketapel ama Pak RT hahahahaha…). Begitu msk jln raya, baru aq geber2 dikit ampe >RPM 7.000, abis itu siap deh buat ngebut (ama polisi juga ga takut… hahaha). Buat ninjer yg takut ngebut, bisa aja pasang persneling rendah, trus panteng RPMnya sampe 7.000-9.000 sbntr, yg penting katup SKIPS udh bekerja (tp aneh juga ya, beli ninja koq takut ngebut… hehehe).

Tapi itu hanya langkah preventif awal. Ada langkah preventif berikutnya, yaitu perawatan.Ini perawatan bilamana superKIPS terlalu sering macet dan susah untuk membuka atau menutup kembali.

Siapin peralatannya: obeng plus,obeng min, kunci ring 8 dan 10,kunci L 5, carb cleaner (cairan pembersih karburator, merk tserah, klo aq pake STP), chain lube (pelumas rantai atau pelumas semprot lainnya, merk tserah, klo aq pake MTR).
Untuk perawatan berat, peralatannya harus ditambah dg: kunci L 5, kunci ring 8, high temp grease (gemuk pelumas, merk tserah, klo aq pake Top1) & Coca Cola sekaleng (buat jaga2 kalo haus…).
Bagian I (perawatan ringan):

  • Buka fairing kanan kiri (buat RR) pake obeng plus. Fotonya udh ada di Note NC “Cara Stel Oli Samping”.
  • Buka karet penutup SKIPS (warna hitam, di kanan atas mesin)

Gambar

  • Pake kunci ring 8 buat buka rumah SKIPS. Utk buka, puter ke KIRI (kayak skrup biasa). Ada 2 skrup, di kiri & kanan rumah SKIPS . Sesudah skrup terbuka, utk mencopot rumah SKIPS, congkel pelan2 pake obeng minus.

Gambar

  • Buka skrup pengunci gear mekanis katup SKIPS pake kunci ring 10. Utk buka, puter ke KANAN. Ada 2 gear mekanis katup, kiri & kanan. Kemudian copot gear mekanis dari dudukannya.

Gambar

  • Ingat bahwa nanti pada saat memasang gear kembali, ada titik2 yg hrs diperhatikan. Titik2 ini hrs saling bertemu pada saat dipasang nanti.

Gambar

  • Bersihkan pake carb cleaner sampe bener2 kinclong: gear mekanis (3 buah – yaitu 2 gear katup SKIPS & 1 gear pemutar katup SKIPS), rumah SKIPS (bagian atas mesin), tutup rumah SKIPS
  • Buka skrup pengunci batang katup pakai kunci L 5. Membukanya ke arah KIRI. Ada 2 buah, di kiri & kanan. Copot pengunci tsb dg menggunakan obeng minus. Utk mencongkelnya, ada dudukan di sebelah dpn pengunci tsb.

Gambar

  • Pasang kembali skrup ke batang katup. Gunanya sbg dudukan utk mengungkit batang katup SKIPS keluar dari dudukannya. Gunakan obeng panjang atau kunci T atau apa saja terserah utk mengungkit batang katup tsb. Lakukan dg hati2.

Gambar

  • Skrg kita sdh mengeluarkan batang katup SKIPS. Terdiri dari 2 bagian, yaitu batang katup itu sendiri dg katup SKIPS di bagian bawahnya (yg berwarna oranye) & selongsong batang katup tempat berputarnya batang katup. Keluarkan selongsong dari batang katup. Pembersihan dilakukan dg menyemprot carb cleaner ke katup SKIPS yg berwarna oranye. Tunggu sbntr sampe cairan meresap dan kerak melunak. Kerak tsb bisa kita bersihkan dg amplas halus. Perhatikan bhw amplas hanya boleh digunakan di katup ini. TIDAK BOLEH digunakan pada batang katup dan bagian dalam selongsong katup, krn bisa menyebabkan baret yg bikin perputaran seret. JANGAN menggunakan thinner utk membersihkan selongsong katup krn bs menyebabkan karet seal melar shg getas/gampang sobek. Bersihkan dg menggunakan carb cleaner atau engine degreaser.

Gambar

  • Langkah berikutnya: buka kuping/tutup SKIPS di bagian kanan & kiri mesin (yg ada tulisannya Super KIPS utk kanan & tempat selang HSAS di kiri). Gunakan kunci T 8mm. Masing2 tutup ada 3 skrup. Utk buka putar ke kiri. Bersihkan tutup dan bagian dalamnya, dengan menggunakan carb cleaner/engine degreaser Amplas jk perlu. Semprot lubang SKIPS dg carb cleaner atau engine degreaser supaya kerak rontok. Sesudah bersih, tutup kembali.

Gambar

Gambar

  • Beri high temp grease secukupnya pada batang katup. Knp hrs pake high temp grease? Dari  namanya juga udh tau jawabannya kan? Abis itu pasang selongsongnya kembali. Pasang kembali batang katup berikut selongsongnya ke lubang dudukan. Pukul pelan pake palu karet atau palu biasa tp jgn langsung, pake gulungan kain utk menutupi batang katup supaya tdk rusak wkt diketok. Ingat: ngetoknya pelan aja, yg penting masuk.
  • Pasang kembali semua part dg langkah kebalikan di atas.

Asyik kan? Dgn tau langkah2 di atas kan bisa ngebersihin sendiri & hemat biaya. Atau klo pas ga ada wkt buat bersihin SKIPS sendiri, setidaknya wkt di bengkel ga bakal dikibulin ama mekanik. Jgn mau klo mekanik cuma copot kuping SKIPS kanan kiri trus bersihin aja (soalnya aq juga prnh ngliat mekanik bengkel resmi cuma nglakuin ini buat bersihin SKIPS). Klo gitu aja sih anak SD juga bisa. Suruh mekanik bongkar sampe ke katup/valve SKIPS & bersihin, jgn lupa minta diksh grease juga. Pelototin juga dia pake high temp grease atau ga..hahahahahhaha

Terakhir, pembersihan seperti ini bisa dilakukan 2-3 bulan sekali atau bahkan lebih atau tergantung kebutuhan. Ini juga tergantung pada kualitas olsam yg dipakai, jam terbang (ninin yg keluar cuma pas weekend ama yg tiap hari beredar tentu berbeda) dan kondisi jalan yg dilewati (semakin sering nglewatin jln berdebu, hrs semakin sering dibersihkan).

Oke broo…sekian dulu yaa..Salam Ninjers Sejati…!!!!!

 

Tinggalkan komentar